Friday, April 15, 2011

3 faktor penentu di ujian akhir nasional

H-3 UJIAN AKHIR NASIONAL 2011

ga terasa cepet banget udah di penghujung kelas 12. rasanya kemarin masih sama-sama, ketawa bareng, ngebanyol, ceng-cengan, sharing bareng, dan ga lama lagi udah bakal pisah. sedih sih. tapi mau gimana. abis uan selesai, udah ga masuk sekolah lagi sampe wisuda, pengumuman kelulusan pun lewat internet. ibarat kata tinggal 18-20 april 2011 itu hari bareng-bareng kita. oke sebenernya yang mau gue bahas di sini bukan itu melainkan persiapan buat ngadepin uan. menurut gue, ada 3 faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kesuksesan kita dalam ngadepin uan:
  1. kematangan belajar
  2. maksudnya, udah seberapa siap, seberapa mantep kita nguasain materi-materi yang bakal diuji. buat matengin belajarnya, bisa dengan ngulang-ngulang soal dari buku manapun, tentunya yang berhubungan dengan skl (standard kelulusan). bisa juga dengan baca-baca lagi buku ringkasan pelajaran dari kelas 10 sampe 12, atau buka-buka lagi buku jaman dulu kelas 10-11. bisa juga dengan sharing dan tanya-tanya ke guru kalo masih ada yang kita ga ngerti, guru juga bakal seneng kalo ngeliat muridnya nanya ke dia. bisa juga dengan belajar bareng temen-temen, biasanya kalo gitu kita lebih asik belajarnya, ya asal inget situasi jangan becanda doang. kalo selama pm, bimbel, les, ataupun belajar sendiri, kalian udah merasa mantep, udah berasa nguasain banget, insyaAllah soal ga ada halangan nanti ngerjainnya, lancaaar.
  3. kekuatan mental
  4. kalo misalkan kita udah mateng banget belajar, udah siap banget, udah berasa jagolah istilahnya, tapi mental kita ga kuat? ya wassalam aja, bisa berabe. mental ga kuat tuh kayak grogi, panik, kalo udah gitu kan entar bawaannya kita jadi pusing, keringetan, mules-mules, dsb, ganggu banget. kalo mtk yang tadinya 2+4=6 jadi 8. bing yang tadinya you temenannya are jadi is. bind yang padahal tinggal nyusun kalimat jadi paragraf padu jadi gatau apaan. kalo emang dari sekarang udah grasak-grusuk aja ga tenang mulu bawaannya, banyak-banyak doa, minta ketenangan jiwa, minta dimudahin ngerjainnya. kalo yang sekarang biasa-biasa aja, ati-ati aja entar takutnya pas hari uan nya panik juga kacau. tenang aja. jangan dibawa panik. biasanya panik itu karna kita belum nguasain materi, nah maka dari itu, sekarang masih h-3 manfaatin baik-baik buat belajar yang bener, jangan main mulu.
  5. hoki/keberuntungan
  6. ini dia nih salah satu yang pengaruh banget ke hasil ujian kita nanti. gimana kalo misalkan kita udah mantep di materi, mental kita juga fine-fine aja, tapi hoki kita jelek? kayak mesinnya pas meriksa lembar jawaban kita malah error terus ga kebaca jadi nilai kita jelek atau kita ngitemin lembar jawabannya pake pensil yang salah, dll, naudzubillah jangan sampe kayak gitu ya mudah-mudahan. kalo hoki yang baik mah, kita ketemu soal yang udah mentok banget gatau jawabannya apa, terus kita asal pilih aja itung kancing, terus ternyata bener, waaah alhamdulillah kan tuh hokinya gede.
kalo gue, materi insyaAllah tinggal dimantepin lagi, mental juga sejauh ini baik-baik aja dan biasanya ga gampang grogi kalo ngadepin ginian, tinggal faktor hoki, gue orangnya ga beruntungan-_- ya wallahualam deh. mohon doanya aja buat temen-temen sma/smk sederajat seangkatan gue tahun 2011, lebih khusus di daerah jakarta, lebih khusus lagi di jakarta barat, lebih khusus lagi buat sekolah gue tercinta smk telkom sandhy putra jakarta, semoga bisa ngerjain dengan baik dan lancar, pokoknya jangan ada gangguan deh. amin!

No comments:

Post a Comment