Monday, December 5, 2011

YES, yakin esok sampai?

Mungkin kalo ngeliat judulnya, beberapa orang bakal langsung tau apa yang mau gue bahas di sini. tak bukan dan tak lain adalah salah satu jasa pengiriman barang yang terkenal seantero indonesia dan katanya terpercaya. well, i have my own opinion about their service. it was my first experience using them to send a package. bener-bener yang pertama. dan karena gue buta banget sama begini-beginian, gue banyak nanya ke temen-temen yang udah cukup berpengalaman menggunakan jasa pengiriman ini dan tentunya gue dapet banyak info tentang tata cara ngirim sebuah paket.

suatu hari, tepatnya hari rabu kemarin, gue pergi ke salah kantor pusat mereka yang berposisikan di daerah tomang, ditemenin sama salah satu temen gue (sebut saja A) yang cukup berpengalaman. begitu sampe di sana, langsung ngambil nomer antrian dan ga lama kemudian datanglah giliran gue. begitu sampe ke meja mbak-mbaknya, gue langsung ngasih paket yang mau gue kirim. ditimbang. dan mbak-mbaknya minta nama, alamat, sama nomer telpon gue sebagai pengirim. selesai gue ngasih data diri, si mbak itu langsung input semua data mulai dari pengirim sampai ke penerima. terus gue nanya perkiraan berapa hari itu paket bakal sampe ke tempat tujuan, bandung. dan si mbak menjawab kira-kira 2-3 hari. well, gue sedikit panik saat itu juga. padahal target gue, maksimal itu barang sampe hari jumat. terus mbaknya ngomong lagi, ada pelayanan namanya YES which is Yakin Esok Sampai, yang bisa sampe 1 hari doang. sontak gue langsung nanya berapa harganya kalo pake itu. setelah tau harganya sekian, gue ngeiyain aja. gue fikir gapapalah toh sekali-sekali doang gue ngirim paket. dan buat gue, itu paket emang penting, jadi apa salahnya memperlakukannya sebaik mungkin :3 transaksi dengan mbak itu selesai, gue bayar dan dia ngasih bukti transaksi yang berisikan segala macem data tentang pengiriman itu.

kebesokannya, hari kamis, sekitar pukul 4 sore. gue sms si penerima, nanyain paket gue udah sampe belum. dan katanya belum sampe. gue langsung sms A yang kemarin nemenin gue ngirim paket. kata dia, mungkin belum sampe, coba tunggu sampe jam 8. dan setelah jam 8, belum sampe juga. kata A lagi, coba cek di webnya, masukin nomer resi, cek paket gue sekarang statusnya apa. begitu gue cek, statusnya on process, dengan detail revisi alamat. gue bingung, gue konsul ke A lagi, dia bilang telpon customer carenya aja. berhubung udah malem, gue mengurungkan niat buat langsung nelpon. walaupun sebenernya saat itu lagi kebingungan banget.

jumatnya, gue mulai nelponin customer care mereka dari pagi jam setengah 8an dan susah banget nyambungnya. sibuk mulu katanya (kata mesin penjawab telponnya loh). terus gue coba lagi telpon jam 9an, terhubung! yang jawab mbak-mbak. begini percakapannya setelah gue kasih tau nomer resinya:

m: hmm di sini tertulis revisi alamat. dari mbak ada revisi alamat? atau dari penerimanya?
g: enggak kok, ga ada sama sekali.
m: oh gitu...
*kemudian hening*

serius begitu-_- parah banget ga sih? abis itu langsung gue udahin aja tuh telponnya. terus karna belom puas dengan jawaban mbak itu, jam 10an gue coba telpon customer carenya lagi. kali ini yang ngangkat mas-mas. percakapannya ga jauh beda, masnya ngasih jawaban yang ga memuaskan sama sekali. intinya gue tetep ga dapet kejelasan paket gue sekarang ada di mana dan bisa sampe ke penerima kapan. gue stres parah. sorean jam 4an gue coba nelpon lagi. ga nyambung-nyambung terus, sib0o0o0ok mulu. sampe hampir jam 6 gue coba telpon terus tetep ga bisa nyambung. mana pas itu gue lagi sibuk banget ngerjain tugas yang dikejar deadline. totally confused. stres, bingung, kesel. terus jam 6, gue bisa nelpon ke customer care mereka dan gue marah sejadi-jadinya, gue jelasin panjang lebar kalo gue pake yes, seharusnya hari kamis udah sampe sedangkan sampe hari ini ga ada kejelasan paket gue ada di mana dan padahal itu paket isinya barang super penting! orang di seberang telpon bilang kalo koordinator bandung bakal nelpon gue ngasih kabar. jam 6 lewat betullah si koordinator bandung nelpon gua. dia bilang segala macem, gue udah ngomel-ngomel kalo itu barang ga sampe malem ini, gue mau barangnya dikirim balik ke jakarta, ke head office mereka, tempat gue mengirimkan paket itu. pas itu gue hampir mau nangis ngomongnya. dan si mas itu menjawab dengan mengiya-iyakan sambil sempet bilang ongkos kirim bakal dibalikin segala macem. actually, itu omongan gue cuma omongan yang gue sendiri gatau asalnya dari mana. keluar begitu aja dari mulut karna udah kesel banget sama pelayanan mereka yang menurut gue kurang cekatan. ga lama lagi, sekitar setengah 7an, ada yang nelpon gue lagi. si kurir pengantar paket gue. dia bilang alamatnya ga ketemu-ketemu dan segala macemnya. well, kalo emang ga ketemu, kenapa ga dari hari kamis gue dikabarin? GRRRRR! lanjut, si kurir minta nomer telpon penerima. padahal dari yang gue nelpon customer service sebelum-belumnya gue udah ngasih nomer telpon penerima. setelah telpon si kurir ditutup, ga lama dia nelpon lagi, katanya nomernya ga bisa dihubungin, jelas-jelas itu gue lagi smsan sama yang bersangkutan, masa ga bisa ditelpon-_- lalu gue kasih nomer telpon orang lain yang tinggal 1 tempat sama si penerima. setelah gue kasih, si kurir bilang 'baik mbak, besok saya coba kirim lagi." JEGER GUA NGAMUK LAGI DONG WOY SAMA SI KURIR ITU!!! gue omelin sama kayak ke orang-orang sebelumnya. terus si kurir bilang iya bakal dicoba kirim lagi sekarang. sialnya, pas si kurir nelponin, malah ga diangkat sama si-orang-lain-yang-tinggal-1-tempat-sama-si-penerima gara-gara lagi ga pegang hp. ARGHHH!!! terus si-orang-lain-yang-tinggal-1-tempat-sama-si-penerima nyoba nelpon balik si kurir dan ga diangkat-angkat. gue juga jadi nyoba nelponin si kurir terus, nada sambungnya masuk, tapi ga diangkat-angkat sama si kurir. sampe hampir jam 9 gue telpon tetep ga diangkat-angkat. makin stres, gue nangis. anggap saja si kurir itu kabur dari kewajibannya untuk menyampaikan paket. tiba-tiba, ada sedikit pencerahan, temen-temen gue di bandung sana mencoba buat pergi ke tempat pusat mereka di bandung. unfortunately, they were closed. walaupun paket gue masih ga jelas keberadaannya, entah kenapa gue sedikit tenang ngeliat pengorbanan temen-temen yang malem-malem sampe rela pergi demi paket guaaa T_T beneran, abis itu udah ga terlalu mikirin.

sabtunya, jam 9an gue nanya temen gue di bandung sana, minta tolong bisa ga ambilin paket gue ke kantor pusat mereka di bandung. kata dia bisa. tapi sebenernya gue takut itu barang udah dibawa sama kurir lagi. ternyata, jam 10an temen gue bisa ngambil barangnya kesana, langsung dari kantor pusat mereka. jadi ternyata, barang itu belom dicoba dikirim lagi. makin kesel dong gue. sampah banget. paket gua kayak ga dianggep. udah keluar duit buat bayar jasa pengiriman 1 hari, ternyata sampe hari ketiga belom sampe bahkan jadinya diambil langsung ke sananya. setelah temen gue ngambil paket itu, dari pihak mereka juga ga ada sama sekali kontak gue buat ibaratnya bertanggung jawablah. padahal mereka udah ga konsisten sama pelayanannya, tapi ga ada keliatan tanda-tanda mau ganti rugi atau apalah. gue mau nyamperin merekanya langsung juga udah keburu males. ngapain amat. anggep aja gua amal ke mereka HAHAHA O:)

sesuai sama judul di atas, in my humble opinion, seharusnya nama pelayanan mereka yang disingkat menjadi YES, memiliki tanda tanya di akhir namanya.
aslinya, Yakin Esok Sampai.
seharusnya, Yakin Esok Sampai?
hahahahahaha LOL
pada tau kan jasa pengiriman apa yang saya maksud di sini? memiliki 3 huruf, berawalan J, berakhiran E.
well, sorry kalo ini dianggap pencemaran nama baik. menurut gue ga sama sekali loh. gue cuma nyampein pengalaman aja sih. kalo emang mereka udah jadi unggulan seluruh indonesia, harusnya yang kayak begini ya diterima buat pelajaran aja, bener kan? o:)

No comments:

Post a Comment