Thursday, December 24, 2009

Bangga Indonesia I

akhirnya gue dapet waktu luang juga buat posting sesuatu buat kompetisi web/blog Kompas MuDA. oke lets cekidot.

banyak hal yang bisa dibanggain dari tanah air kita ini Indonesia. bahas apa ya gue? bahas tarian aja deh. yang gampang, yang sekarang lagi booming di sekolah-sekolah tinggi, tari saman.
tari saman asalnya dari aceh. untuk jaman sekarang biasanya ditarikan hanya oleh perempuan, kemana laki-lakinya? gatau deh ya mungkin pada malu kalo laki-laki disuruh nari. padahal ga mesti malu loh. setau gue sih tari saman dulu malah banyakan ditariin sama laki-laki. kan tari saman itu istilahnya mesti ditariin dengan bertenaga, energik, powerful, dll deh. lebih cocok buat laki-laki. setau gue juga biasanya ditariin sama banyak orang bisa sampe 30an gitu. ya nggak sih? hehe maklum pengetahuan gue sedikit. sedangkan sekarang cuma ditariin sama kurang lebih 15an orang. tapi masih alhamdulillah deh untuk jaman sekarang dimana jaman udah modern dan segala yang tradisional mulai dilupakan, masih ada bibit-bibit muda yang masih suka dan menggemari hal-hal tradisional kayak tari saman ini. kemaren aja (gue lupa tanggal berapa) gue sama temen-temen telkom jauh-jauh ke senayan naik transjakarta ditambah jalan kaki demi nonton penampilan saman telkom di hall A senayan. (mau tau cerita singkat ke senayan kayak apa? klik disini). waktu itu pesertanya lumayan banyak kok sampe 23 lebih. nah, itu membuktikan kan tari saman itu masih dihargain banget di Indonesia ini.

tari saman itu keseluruhannya punya makna loh, mulai dari lirik sampe gerakannya. liriknya pake bahasa asli aceh (mungkin) yang kalo diartikan ke indonesia artinya bermakna isinya doa gitu, pujian ke Allah, dll gue kurang ngerti. gerakannya juga unik dan beragam, mulai dari awal yang pelan-pelan, ke akhir makin cepet. keren banget deh kalo bisa nge-praktekin tari saman. gue kalo dari awal masuk telkom ikut saman, bangga banget pasti gue. hehe. tapi pas dulu belum begitu tertarik, jadi ga ikut ekskul saman deh. tapi beneran deh sekarang gue seneng banget ngeliat orang-orang kalo lagi nari saman, gimana gitu rasanya. suka senyum-senyum sendiri, bangga gimana gitu. keren! hehe

anyway, gue sebenernya pusing kalo disuruh posting. ini aja gue ngarang bebas. bodo amat deh hehe bodoooooooooooooo gue stres ga ada kerjaan. culik aku plis dari rumah ini-_-


No comments:

Post a Comment