Monday, January 3, 2011

finally...... 5 cm!!!

Pertama-tama, gue mau minta maap dulu kawan-kawan. maaaaaap banget! kenapa minta maap? yagitu.............. i'm sorry for being so norak-_-v gue baru baca novel 5 cm ini sekarang, padahal udah ada dari jaman 2005. yak, maap sodara-sodara mohon dimaklumi saya emang suka ketinggalan.

ini dia cover buku 5 cm seperti yang tertera di sebelah kiri ini. written by Donny Dhirgantoro.
ada 5 tokoh utama di novel ini; arial, genta, ian, riani, zafran. masing-masing punya karakteristik yang beda satu sama lain, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, dan masing-masing saling melengkapi satu sama lain hingga bikin persahabatan mereka sebegitu indahnya.

keren loh ceritanya!!! ga sekali gue nangis pas baca beberapa bagian cerita di novel itu. 3 bagian yang bikin gue netesin air mata penuh makna:
pertama pas bagian di mana 5 sekawan itu lagi ngumpul di SMA mereka malem-malem, dan ian buka pembicaraan di mana dia minta maaf dan ngakuin segalanya, di mana mereka berlima itu saling terbuka satu sama lain. gue salut, persahabatan kayak gitu udah ga banyak sekarang, yang banyak malah 'sahabat' yang ada pas kita bahagia, dan ga ada pas kita bermuram. itu mereka berlima anjrit banget gue salut!!! kemana-mana bareng, saking keseringan bareng sampe-sampe break beberapa bulan ga saling komunikasi hingga waktu yang ditentukan. di mana mereka saling kangen karna lama ga ketemu, di mana mereka seneng banget pas ketemu setelah beberapa bulan ga ketemu.
kedua gue nangis pas baca surat dari deniek buat almarhum saudaranya, adrian, yang suratnya dia taro di makamnya di jalur pendakian ke puncak mahameru. gue terharu, sedih, dan mupeng. terharu si denieknya sampe nulis surat yang segitu panjangnya yang intinya deniek kangen sama almarhum adrian. sedih karna sampe saat ini ga punya temen sampe yang udah dianggep saudara sendiri. mupeng? mupeng pengen gitu juga! hm maksudnya bukan pengen meninggal di gunung dan blablabla tapi mupeng di mana pas seseorang udah meninggal tapi dia masih sangat dibanggakan sama orang-orang. potongan dari surat itu yang katanya sering diucapin sama almarhum adrian: sebaik-baiknya manusia, adalah yang bermanfaat bagi manusia yang lain.
ketiga pas mereka lagi ngedaki, tiba-tiba ada batu yang lumayan gede jatoh-jatohan dari arah atas, dan si ian hampir mati, sampe si zafrannya udah teriak-teriak manggil si ian. walaupun gue belum pernah keilangan yang secara tiba-tiba kayak di cerita itu (yaiyalah gue belom pernah juga yang namanya ngedaki gunung gitu), entah kenapa gue cukup banyak meneteskan air mata pas bagian itu.

oia, gue excited banget baik sebelum, sedang, dan setelah baca buku ini. dari dulu ngebet banget penasaran pengen beli, tapi ga kesampean terus. pengen minjem, ga kesampean juga ada yang minjemin. dan akhirnya kemaren pas hari pertama 2011, gue ke gramedia central park dan langsung ngambil buku ini (mumpung lagi sama orang tua juga, jadi borong buku wekekek). pulang, sampe rumah, masuk kamar, langsung gue baca nih novel. gue baca buku ini cuma sehari, bahkan kurang dari 12 jam! rekor yang paling bagus dalam sejarah gue membaca buku. biasanya novel yang tebelnya kurang dari novel 5 cm ini aja, bisa ngabisin seminggu lebih, gara-gara baca beberapa lembar terus gue langsung ngantuk dan tertidur, tapi pas baca ini, ga ngantuk-ngantuk mau baca berapa lembar pun, soalnya penasaran kayak apa lanjutannya, kayak apa akhirnya. setelah baca buku ini juga gue seneng banget rasanya wkwkwk norak ya...... maap O:) ada kebanggaan dan kepuasan tersendiri abis baca buku ini wihihi :)

Yang bisa dilakukan seorang makhluk bernama manusia terhadap mimpi-mimpi dan keyakinannya hanya mereka tinggal mempercayainya.

masih adakah yang belum baca ini? wajib baca!!! penuh pelajaran tentang hidup, penuh lirik lagu unyu, penuh penuh penuh apapun (?)

satu hal yang ga harus dan ga penting buat kalian tau, i adore the man in the novel who named zafran i don't know why.............. gue penasaran kayak apa muka aslinya!

No comments:

Post a Comment